Header Ads

tolong baca artikel ini sejenak ,Berkomunikasi Sejak Dini Dengan Janin Mampu Meningkatkan Kedekatan Janin dan Orang Tuanya Ketika Lahir Nanti !

Saat ini, banyak dokter mengerti kalau bayi mulai belajar mengenai dunia di sekitaran mereka mulai sejak dalam kandungan. Proses belajar yang melibatkan indera-inderanya yang belum sempurna ini berjalan sepanjang trimester ketiga didalam kandungan atau bahkan juga mungkin saja sebelumnya itu. Hal semacam ini mendobrak dugaan beberapa dokter sepanjang bertahun-tahun terlebih dulu kalau bayi lahir tanpa ada pengetahuan apapun mengenai dunia luar

Setelah berumur 23 minggu, janin akan mendengar nada Bunda dan beberapa nada yang lain, bahkan juga mungkin saja menyikapi apapun yang dia dengar dengan bergerak lebih aktif. Apa sajakah sebagian nada yang didengar Si Kecil? Dapat berbentuk nada detak jantung, pernapasan, pencernaan Bunda, dan beberapa nada samar dari luar tubuh Bunda.

Belajar Mulai sejak Masih di Dalam Buaian

Ada dugaan kalau dengan membacakan cerita atau memperdengarkan musik untuk janin atau bahkan juga cuma dengan bicara dengannya, janin dapat memperoleh pengalaman belajar sederhana didalam kandungan. Selain itu, seperti disebutkan beberapa pakar terkait yang berlangsung setelah dilahirkan, bayi kemungkinan dapat mengingat dan mengetahui beberapa nada spesifik pada saat masih didalam rahim. Dengarkan musik dapat jadi langkah yang indah untuk Bunda dan bayi untuk bersantai.

Saat janin mendengar musik, denyut jantungnya bakal bertambah dan dia condong bergerak lebih banyak. Tak lama sesudah lahir, ada peluang kalau bayi bakal menyikapi potongan musik yang sama juga dengan yang kerap didengarnya saat didalam buaian. Reaksi itu jadikan bayi lebih bergeliat dan menyimak. Lewat cara yang sama, bayi mungkin saja juga menunjukkan kalau dia ingat dan terhibur oleh beberapa nada spesifik yang terdengar waktu ada di rahim. Walaupun itu, seorang pakar pendidikan anak usia dini merekomendasikan tidak untuk memutar musik lewat earphone di perut Bunda. Hal semacam ini karena situasi didalam rahim sesungguhnya telah cukup ribut.

Mengetahui Bhs serta Nada Ibu yang Menentramkan Dirinya

Seiring bayi didalam kandungan selalu berkembang, dia menjadi berusaha memperoleh semuanya info yang diperlukan cuma dengan dengarkan perbincangan ibu dengan orang lain. Dia dapat juga mengetahui pola dan ritme dari buku yang Bunda bacakan dengan nada keras. Satu riset tunjukkan kalau bayi mulai mengetahui bhs mulai sejak masih berumur 10 minggu didalam kandungan.

Detak jantung janin bakal melambat sedikit tiap kali Bunda bicara saat kandungan telah berumur sekitaran 7-8 bln.. Hal ini menunjukkan suara Bunda mempunyai dampak menenangkan untuk dia. Bukan sekedar itu, saat bayi baru lahir, dia juga bisa mengetahui suara ibunya.

Pada penelitian yang sama pada bayi yang telah dilahirkan, dot yang telah terhubung dengan alat

perekam diberikan pada bayi. Alat perekam
itu diisi suara ibu dan wanita lain. Dalam waktu 10-20 menit, bayi pada akhirnya dapat pelajari dalam membedakan suara ibunya. Langkah yang diperlihatkan bayi yaitu dengan sesuaikan tingkat isapan dot untuk berikan kode pengenalan pada suara ibu mereka sendiri. Ini bukan sekedar menunjukkan cinta bawaan bayi yang baru lahir untuk suara ibunya saja, namun juga tunjukkan kekuatan unik bayi untuk belajar dengan cepat. Walau demikian, belum ada bukti kalau bayi baru lahir dapat menunjukkan preferensi yang sama pada suara bapak atau suara saudara sekandung.

Membangun Kedekatan

Mendengar suara Bunnda waktu dia masih tetap dalam kandungan menolong bayi terasa terikat pada Bunda dengan cepat selepas dia dilahirkan. Satu teori menunjukkan kalau alasan pendengaran bayi demikian berkembang dengan baik didalam rahim yaitu untuk menolong dia mengawali ikatan dengan Bunda bahkan juga sebelumnya dia lahir. Setelah lahir, bayi mungkin saja suka mendengar suara Bunda dibanding beberapa suara lain.

Berikut Cara Janin Belajar

Tersebut disini tiga langkah belajar paling utama yang dikerjakan janin sepanjang masih ada didalam kandungan.

Apabila Bunda kerap memperdengarkan suara bising, jadi bayi condong tidak untuk kaget dengan beberapa nada itu saat sudah lahir kelak. Hal semacam ini menunjukkan kalau bayi bisa belajar lewat nada yang didengarnya dengan cara berkali-kali.

Bayi mengetahui suara dan musik yang familiar. Bayi dapat juga jadi tenang dengan goyangan dan beberapa suara tertentu seperti mesin mobil, yang mungkin saja mengingatkan mereka mengenai gerakan dan suara dari badan Bunda. Dalam soal ini, bayi jadi punya kebiasaan akibat pengalaman-pengalaman yang dia lalui.

Bayi dapat belajar menghubungkan pengalaman spesifik dengan perasaan Bunda ketika itu. Misalnya apabila Bunda kerap dengarkan bagian tertentu dari musik sembari bersantai, musik yang sama bisa menenangkan bayi pada nanti. Contoh ini memperkuat asumsi kalau bayi bisa menghubungkan kebiasaan tertentu dengan cara mengingat.


Apa yang Bunda kerjakan sepanjang mengandung dapat berguna dalam menolong perubahan kognitif alami bayi. Semakin kerap Bunda berinteraksi dengannya, termasuk juga bernyanyi serta bicara, maka bayi menjadi lebih cepat dalam menyesuaikan dengan lingkungan di sekelilingnya kelak. Diluar itu, janganlah lupa ikut melibatkan Bapak untuk rasakan beberapa gerakan janin serta berikan tahu kalau janin dapat juga mendengar suara Bapak. Bapak dapat terlibat perbincangan dengan janin serta membacakan satu cerita pendek. Hal semacam ini bakal menolong bayi mengakrabkan diri dengan nada ayahnya.

Nah itu tadi cara kita supaya bisa berkomunikasi mulai sejak awal dengan janin buah hati kita, makin kerap kita mengajaknya berkomunikasi makin membangun kedekatan antara janin serta ke-2 orang tuanya. Selamat mencoba untuk Anda pasangan yang tengah memiliki kandungan, dan untuk pasangan yang belum dibei keturunan kami doakan supaya Anda pun segera diberi momongan Amiin...

Mudah-mudahan artikel ini berguna dan memberi wawasan Anda, Janganlah lupa di Share ya
sumber,,,http://www.koransehat.com/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.